Beranda > Kampus > Tips menulis kode program dengan baik

Tips menulis kode program dengan baik

30 Juni 2009

Dalam menulis kode program seorang pemrogram seharusnya tidak hanya melihat dari sisi keefektifannya atau algoritma yang bagus saja atau mungkin kesederhanaan kode. Ada hal lain seperti estetika yang seharusnya juga dijadikan sebagai acuan bagi pemrogram.

Sebuah kode program yang ditulis dengan sudut pandang berbeda maka tentu akan mempengaruhi dalam hal perawatan atau perbaikan program. Sebuah kode program yangh ditulis apa adanya tanpa memandang sisi estetika, reusabilitas, dan konsistensi relatif akan lebih sulit perawatan atau perbaikannya.

Manfaat menulis program dengan baik antara lain :

1. Baris program menjadi lebih rapi

2. Alur program lebih enak dibaca

3. Memudahkan dalam melakukan tracking kesalahan atau bug

4. Memudahkan perawatan

5. Memudahkan programmer lain untuk memahami kodenya sehingga akan memudahkan bekerja dalam team

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis kode program antara lain :

1. Ikutilah standard dan style terbaru penulisan dari bahasa pemrograman tersebut bila ada, biasanya setiap bahasa pemrograman akan memiliki ciri khas sendiri.

2. Sebisa mungkin konsisten, misalnya dalam menulis nama variabel, nama objek, ukuran objek, perataan kode, penggunaan jenis huruf, case sensitive dll. Dalam hal ini kita bisa membuat semacam role of play atau aturan main dalam penulisan kode atau bisa juga dengan menggunakan standard penulisan kode yang sudah ada seperti Kioss Style yang diluncurkan kioss.com. Biasanya setiap software house memiliki aturan sendiri tentang standard ini.

3. Jangan abaikan komentar, karena sangat perlu untuk pengembangan atau perawatan program kedepannya, namun meskipun demikian tulislah komentar secara efisien, singkat tapi jelas. Karena panjangnya komentar justru akan mengurangi efektifitas dari baris program dan akan menambah besar memori

4. Pilihlah desain pattern atau algoritma program yang tepat dalam menyelesaikan suatu prosedur dalam program, hal ini jelas akan menambah efisiensi program.

5. Buatlah modul/procedure/fungsi dalam kode program agar kode program lebih enak dibaca dan alurnya terlihat jelas

6. Buatlah kode Anda tampil seksi dan cantik, dengan cara mengkombinasikan ke lima hal diatas.

Enjoy… (Dikutip dari hendr13.blogspot.com)

Iklan
Kategori:Kampus
%d blogger menyukai ini: